Buah Kurma yang kaya akan manfaat


  Kurma merupakan buah yang banyak mengandung banyak manfaat. Pohon kurma tumbuh subur di daerah Timur Tengah. Di sana,kurma sudah menjadi makanan sehari-hari.

1. Asal Kurma
  Pohon kurma diperkirakan berasal dai sekitar Teluk Persia dan sudah dibudidayakan sejak 4000 SM. Setelah itu, bangsa arab menyebarkan kurma di sekiar Selatan dan Barat Daya Asia, bagian utara Afrika, Spanyol, dan Italia. Pada tahun 1786, bangsa Spanyol memperkenalkan kurma di Mexico dan California.


2. Betina dan Jantan
  Pohon kurma merupakan jenis tanaman berumah dua atau  diocious. Maksudnya , bunga jantan dan bunga betina tidak berada dalam satu pohon, melainkan di pohon yang berbeda. Karena itu, agar dapat berbuah, harus ada penyerbukan antara bunga jantan dan bunga betina di pohon lain. Proses penyerbukan itu biasanya terjadi secara alami, dibantu angina dan serangga. Bisa juga secara buatan, yaitu dibantu manusia.
3. Kaya Manfaat
  Selain rasanya yang enak, buah kurma juga memiliki banyak manfaat. Di antaranya :
-         -Kandungan gizinya sangat baik untuk kesehatan pencernaan, jantung dan tulang.
-         -Buah kurma juga mengandung gula alami yang bisa meningkatkan energi.
-         -Biji kurma dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak dan olahan kopi.
-         -Minyaknya bisa diolah menjadi bahan pelengkap sabun.
-         -Tandan buahnya bisa dijadikan sapu
-         -Getahnya dapat diolah menjadi sirup
-        - Akar dan daunnya bisa dijadikan tikar atau kerajinan lainnya.

Tingkat kematangan kurma dibagi menjadi 4 dalam bahasa Arab . Kimri adalah kurma muda. Khalal adalah kurma berukuran penuh. Rutab adalah kurma matang dan lembut. Dan tamr adalah kurma matang, dikeringkan dengan bantuan matahari.

Gambar : google
Sumber : Majalah Bobo

Comments