Surili, hewan khas Jawa Barat yang kini terancam punah


Surili merupakan hewan khas Jawa Barat, hewan ini memakan daun, buah dan juga serangga

1. Primata Indonesia
Surili memiliki nama latin Presbytis comata. Dalam bahasa Ingggris, surili dikenal dengan nama grizzled leaf monkey. Primata ini hanya hidup di Jawa Barat. Mereka suka tingal di hutan belantara. Bisa hutan yang berada dekat pantai, atau hutan yang berada di dekat gunung. Mereka tinggal di hutan karena di sanalah mereka bisa dengan mudah mendapatkan makanan. Surili suka makan dedaunan, buah-buahan, biji-bijian, dan terkadang serangga.

2. Mahkota jambul Hitam
Surili memiliki ciri rambutnya yang berjambul hitam seperti mahkota. Pada umumnya, warna punggung dan telinga surili dewasa itu hitam, cokelat, atau abu-abu. Tetapi rambut di dagu, dada, perut, kaki bagian dalam, dan ekor berwarna putih. Kulit wajahnya tampak kemerahan. Bulu bayi surili yang baru lahir berwarna putih dengan garis hitam dari kepala sampai ekor. Ekor surili lebih panjang dari badannya. Berat surili dewasa 6-8 kg.

3. Terancam punah
Sayangnya, primata surili ini terancam punah. Mereka kehinlangan tempat tinggal. Tidak sedikit juga surili yang diburu, untuk dijadikan hewan peliharaan. Padahal surili ini membantu dalam melestarikan hutan, saat ia memakan buah-buahan, bijinya bisa tercecer di tanah tanpa sengaja, biji itu bisa tumbuh menjadi pohon-pohon yang baru. Surili hidup berkelompok.

Sumber: Majalah Bobo

Gambar: google

Comments