Anteater,si pemakan semut



Hai..Maaf nih,jadi jarang update...lagi banyak soal Try out nih..!!..Kali ini saya akan membahas tentang ANTEATER,si pemakan semut.
Selamat membaca..




1.Ciri anteater
Pemakan semut alias anteater,adalah hewan yang tinggal di daerah padang rumput,savana,dan hutan tropis di Amerika
Tengah dan Selatan.Hewan ini pemalu dan suka hidup meneyndiri.Ukuran tubuhnya berbeda-beda,ada yang berukuran kecil,sekitar 30cm dan ada yang berukuran besar(Myrmecophaga tridactyla),yang panjangnya mencapai 2 meter.Anteater sering menggendong anaknya hingga berumur 1 tahun untuk melindungi anaknya dari pemangsa.
2.Makanan anteater
Anteater memiliki moncong panjang,mulut kecil,dengan lidah tipis dan panjang,serta cakar yang melengkung dan tajam,untuk melubangi sarang semut.Ketika para semut panik,dia mangkap semut itu dengan lidahnya yang lengket.Anteater bisa menjilati mangsanya dengan sangat cepat,hingga 150 kali dalam 1 menit.
Anteater tidak punya gigi,jadi dia langsung menelan makanannya.Sehari dia bisa memakan 3000 semut.Meskipun dia suka melubangi sarang semut,dia tidak mau merusaknya.Kali lain,dia akan kembali ke sarang itu lagi.Anteater juga suka memakan rayap dan buah-buahan matang yang ada di tanah.

3.Indra penciuman
Walau ukuran semut kecil-kecil,dia tidak kesulitan menemukan mangsanya.Dia tidak menggunakan matanya,karena penglihatannya buruk,tapi anteater menggunakan penciumannya.Hidungnya memiliki penciuman 40 kali lebih kuat daripada manusia. 

Terima kasih telah membaca.
Jaga kelestarian Flora dan Fauna yang ada di bumi.
gambar:Google

Comments

Post a Comment