Mawar, Queen of flower

Bunga mawar memiliki banyak warna, ada yang merah,putih,kuning, dan lain-lain. Bunga ini banyak digemari banyak orang. Konon, bunga ini simbol kasih sayang.


1. Banyak penggemarnya

Mawar memiliki nama ilmiah Rosaceae. Tumbuhan mawar memiliki banyak jenis. Ada sekitar 100 spesies bunga mawar yang tumbuh di bumi. Sebagian besar spesies bunga mawar adalah semak berduri tinggi. Meskipun berduri, banyak yang menyukainya. Tak heran kalau ia dijuluki queen of flower alias ratu bunga. Selain itu,  warna-warni pada bunga mawar yang cantik menjadikannya sebagai hadiah spesial.



2. Fungsi duri 
Duri pada batang tumbuhan mawar memiliki fungsi sebagai pengait. Karena, tumbuhan ini tumbuh merambat pada tumbuhan lain. Tinggi tumbuhan mawar bisa mencapai 2 hingga 5 meter. Duri tersebut juga digunakan sebagai pertahanan diri.

3. Bukan tumbuhan tropis

Sebenarnya tumbuhan mawar itu bukanlah tumbuhan tropis . Mawar berasal dari dataran Cina, Timur Tengah, dan Eropa Timur. Namun sekarang, mawar juga bisa dijumpai di daerah beriklim dingin dan tropis. Karena itu, tumbuhan mawar bisa kita jumpai di berbagai belahan dunia.

Selalu jaga lingkungan kita
Sumber: Majalah Bobo
gambar: google

Comments