Burung spoonbill, burung bermulut sendok



Burung spoonbill atau ibis sendok ini memiliki mulut yang unik,seperti sendok.

1. Cara makan unik

Burung ibis sendok mencari makan dengan cara yang unik. Mereka mengayunkan paruh sendok mereka ke
kanan dan ke kiri di dalam perairan dangkal, sambil berjalan ke depan. Kemudian saat ada sesuatu menyentuh rahang bawah mulut mereka yang sensitif, paruhnya segera mengatup, mangsanya ditarik keluar air, dan langsung ditelan. Biasanya yang tertangkap adalah udang,lobster kecil,kepiting, ikan-ikan kecil, dan serangga air. Burung ibis sendok banyak ditemukan di wilayah perairan dangkal, seperti rawa-rawa, sungai, dan pantai yang dangkal.

2. Diburu karena bulu

Burung ibis sendok ini ada beberapa jenis. Seperti ibis-sendok raja, ibis-sendok paruh kuning, dan ibis- sendok wajah hitam. Namun yang paling terkenal di kalangan pemburu adalah jenis ibis-sendok merah muda atau Roseate spoonbill. Bulunya berwarna merah dan berkilap. Cantik sekali. Biasanya para pemburu ingin mengammbil bulunya untuk dijadikan hiasan topi atau kipas.

3. Bersarang di tumbuhan berkayu dangkal

Burung ini biasa membuat sarang di pohon-pohon. Misalnya di pohon mangrove. Ketika membuat sarang, induk ibis sendok menyusun ranting-ranting pohon. Ranting-ranting itu dibentuk ceruk di bagian tengahnya. Ceruk itu akan dijadikan tempat bertelur dan tempat tumbuhnya anak-anak mereka jika menetas

Sumber: Majalah Bobo
gambar: google

Comments