Buah Semangka, Banyak Mengandung Air



1.Buah semangka

Semangka memiliki nama ilmiah Citrullis lanatus. Buah ini diperkirakan berasal dari dataran Afrika, sekitar 5.000 tahun yang lalu. Salah satu buktinya adalah penemuan fosil biji-biji semangka di sebuah tempat yang berusia 5.000 tahun di Libya, Afrika Utara.
2. Berwarna-warni

Diperkirakan ada 600-1.200 jenis semangka di dunia. Aneka jenis semangka tidak hanya yang berwarna merah. Ada yang berwarna Hitam, Oranye, Pink, Kuning, dan putih. Menurut para ahli, semangka merah yang paling banyak mengandung zat gizi.


3.Kandungan Dalam Semangka

Zat-zat gizi yang terkandung di dalam semangka antara lain, vitamin C, vitamin A, zat besi, zat seng, dan lainnya. Ada juga zat lycopene dan citrulline yang berfungsi memperlancar sistem perdaran darah di dalam tubuh. Peredaran darah sangat penting untuk mengangkut oksigen dan zat-zat dalam tubuh.
Sekitar 92% dari isi semangka adalah air. Karena mengandung banyak air maka itu buah semangka terasa segar dan renyah. Konon orang Mesir mulai menanam semangka sekitar 4.000 tahun yang lalu karena mereka suka pada kandungan airnya. Semakin berat semangka, maka semakin banyak kandungan airnya. Itu juga tandanya semangka sudah matang.

Sumber: Majalah Bobo 
Gambar: Google

Comments