Kemampuan Istimewa Unta

Unta memiliki kemampuan bertahan hidup di gurun pasir yang panas. Unta memiliki kemampuan istimewa untuk bertahan di gurun pasir.

1.  Kemampuan Istimewa Unta

Unta merupakan spesies hewan berkuku belah dari genus Camelus. Unta memiliki telinga kecil yang berbulu.  Bulu matanyanya panjang dan memiliki dua lapis kelopak. Bulu-bulu itu berguna untuk melindungi matanya dari pasir dan debu. Mata unta memiliki lapisan bening yang bisa bergerak-gerak menyapu debu pada lensa mata. Lubang hidung unta juga bisa menutup. Dengan begitu, unta tidak perlu khawatir hidungnya kemasukan pasir.  Kaki dan telapak kaki unta besar dan tebal, itu membuat kaki unta tidak mudah terperosok ketika berjalan dipasir.

2. Unta Tahan Panas

Saat cuaca sangat panas, unta mampu mendinginkan suhu badannya sendiri. Ia akan memutar badannya menghadap matahari. Dengan cara ini, hanya sedikit panas cahaya yang menyinari tubuhnya. Akibatnya tubuhnya tidak mudah berkeringat. Cairan tubuhnya pun tidak banyak terbuang. Selain itu, terdapat tonjolan tulang yang naik di bagian atas mata unta. Tonjolan inilah yang melindungi mata unta dari teriknya pancaran sinar matahari.


3.  Unta Minum

Punuk unta bukan berisi air, melainkan lemak sebagai sumber energi. Unta dapat minum air dalam jumlah yang banyak. Ketika sangat haus, unta bisa minum hingga 10 galon atau sekitar 200 liter dalam sehari.  Unta juga mampu tidak minum air selama satu minggu.

Gambar : google

Sumber : Majalah Bobo

Comments