Katak Pipa pipa, Melahirkan dari punggung.


Katak Pipa pipa betina melahirkan anak-anak melalui punggungnya


1. Telur Masuk Punggung

Katak betina Pipa pipa memang memeiliki cara unik saat melahirkan anaknya.
Saat kawin, telur-telur katak betina jatuh di perut katak jantan. Kemudian katak jantan bergerak dan telur-telur di perutnya berpindah masuk ke punggung katak betina. Punggung katak betina jadi terlihat bolong-bolong mirip sarang lebah. Telur-telur di punggungnya berjumlah sekitar 100 butir. Sekitar 12-20 minggu telur-telur itu berada di punggung katak betina. Setelah itu katak-katak kecil keluar dari punggung katak betina. Seakan katak-katak kecil itu lahir dari punggung ibuya.

2. Bentuk Katak Pipa pipa

Saat keluar dari punggung ibunya, katak kecil Pipa pipa hanya berukuran sekitar 2 cm. Setelah dewasa, tubuhnya bertambah besar menjadi 10 cm - 15 cm. Tubuh katak ini gepeng dan ceper. Warnanya coklat berbintil-bintil. Dari jauh ia nampak seperti daun kering. Katak ini tidak memiliki lidah. Saat mencari makan, katak ini menggunakan kaki depannya yang sensitif atau peka. Ujung jari-jari pada kaki depannya berbentuk bintang. Kaki bintang ini juga berfungsi memasukan makanan ke mulutnya.


3. Dari Suriname

Katak Pipa pipa biasa disebut katak Suriname. Ia memang hidup di Suriname. Tapi tidak hanya di negara itu. Katak ini juga hidup di negara Amerika Selatan, misalnya Kolombia, Brazil, Venezuela, dan sebagainya.

Gambar : google

Sumber : Majalah Bobo

Comments