Kuskus Beruang yang Jarang Terlihat

Kuskus beruang merupakan hewan marsupial.


1. Dari Sulawesi

Kuskus beruang hidup di Sulawesi, Kepualuan Togian, Pulau Peleng, dan Kepulauan Talaud. Saat ini, kuskus beruang terancam punah karena seringnya perburuan dan habitatnya yang hilang. Apalagi , kuskus beruang hanya beranak 1 sampai 2 kali setahun. Karena itu, menurut penelitian, kuskus beruang jarang terlihat.



2. Marsupial dan Arboreal

Kuskus beruang juga jarang terlihat karena hidup di ketinggian hujan tropis. Dia termasuk hewan arboreal. Artinya, hewan yang tinggal di pepohonan. Pohon-pohon tempat tinggal kuskus beruang tinggi sekali. Sekitar 400 meter. Kuskus beruang juga termasuk jenis hewan maruspialia, yaitu hewan yang bekantung. Kuskus beruang berina membawa anaknya di kantung yang terdapat di perutnya.

3. Hewan Diurnal

Kuskus yang lain aktif pada malam hari atau nokturnal. Sementara kuskus beruang , ia aktif pada siang hari atau diurnal. Salah satu buktinya, kuskus-kuskus lain memiliki mata yang menyipit untuk beradaptasi di malam hari. Tetapi, kuskus beruang bermata bulat bundar yang cocok untuk siang hari. Meskipun  diurnal, kuskus beruang ini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk beristirahat.

4. Makan daun

Kuskus beruang banyak tidur karena itu caranya mencerna makanan. Kuskus beruang suka makan dedaunan muda karena mudah dicerna dan lebih sedikit racunnya. Selain daun, kuskus juga suka makan buah buahan yang belum matang dan bunga-bungaan.


Gambar : google

Sumber : Majalah Bobo





Comments