Mas Koki Mata Gelembung


Ikan ini memiliki gelembung unik pada matanya 

1. Kantung Cairan

Ikan mas koki ini memiliki keunikan di bawah kedua matanya, terdapat kantung berisi cairan berbentuk seperti gelembung. Itulah sebab ia dijuluki mas koki mata gelembung. Gelembungnya itu mulai tumbuh ketika berumur sekitar 6-9 bulan. Semakin dewasa, gelembung nya pun semakin besar. Saking besar gelembungnya, ikan ini jadi sulit melihat dengan jelas.


2. Gelembungnya Terkenal 

Gelembungnya membuat ikan ini terkenal. Tetapi karena gelembungnya mudah meletus jika tersenggol benda apapun. Maka itu ikan mas koki ini biasanya dipelihara di akuarium yang sepi, tanpa banyak ikan lain. Mata gelembungnya membuat ikan ini tidak bisa berenang gesit. Apalagi ia juga tidak memiliki sirip belakang. Biasanya ikan ini berada di dasar kolam. 

3. Gelembungnya Meletus

Jika gelembungnya meletus, mata gelembungnya akan perlahan tumbuh kembali dalam beberapa minggu. Tetapi, bentuk dan ukurannya tidak sama dengan yang sebelumnya. Dan tidak sama juga dengan mata gelembung di sisi lainnya. Hasilnya, wajahnya jadi terlihat kurang simetris atau seimbang. Ketika gelembungnya meletus, ikan ini terluka dan bisa terkena infeksi. Akibatnya ia bisa mati.

Gambar : google

Sumber : Majalah Bobo

Comments