Manfaat Minyak Zaitun

Buah zaitun ini bisa dimakan. Pohon ini banyak tumbuh di negara-negara Mediterania, seperti Yunani,Spanyol, Prancis, Maroko, dan Italia. dan banyak dijumpai pada daerah Asia dan Afrika

1. Ditemukan ribuan tahun lalu
Pohon zaitun adalah pohon hijau yang sudah ditemukan ribuan tahun lalu. Kabarnya, pohon zaitun dapat hidup bertahun-tahun walau tumbuh di tanah yang kering dan tandus. Bahkan, arkeolog yang pernah menemukan pohon zaitun yang berumur lebih dari 100 tahun. Akar zaitun dapat menembus tanah hingga 6 meter dan menjalar ke kanan dan kiri.


2. Pohon Zaitun
Pohon ini termasuk spesies Olea europaea.L, dan berasal dari keluarga oleceae (suku melati-melatian). Pohon zaitun memiliki bunga yang berbentuk mirip lonceng. Bentuk daunnya lonjong dan saling berhadapan, panjangnya sekitar 4-10 cm. Bentuk buahnya mirip batu kecil. Di dalamnya terdapat biji-biji buahnya. Tinggi pohon ini kira-kira 8-15 meter.

3. Manfaat Zaitun

Pohon zaitun memiliki banyak manfaat. Buahnya bisa dimakan. Biasanya digunakan sebagai manisan buah. Buah zaitun ini juga mengandung minyak. Didalam minyak zaitun, terdapat zat antioksidan dan lemak tak jenuh. Minyak ini bisa menyeimbangkan kolesterol. Selain itu minyak zaitun bisa menjaga kelembapan kulit dan membuat awet muda.

Terima kasih telah membaca
Gambar: Google

Comments