Manfaat dari Urang-aring




1. Urang aring
Urang-aring memiliki nama laitn Eclipta alba. Dan termasuk Famili Asteraceae. Batngnya tumbuh bercabang-cabang, dengan lebar sekitar 0,8 meter. Daun-daunnya tumbuh saling berhadapan, bentuknya hampir bundar dan tepi daunnya bergerigi. Di sekitar daunnya tumbuh bulu-bulu halus, dan ditengahnya tumbuh bunga berwarna putih.


2. Asal Urang-aring
Urang-aring merupakan tumbuhan yang dapat di temukan di seluruh dunia. Biasanya, urang-aring ini tumbuh di wilayah tropis dan subtropis, seperti Brazil,Cina,India,Thailand, dan Indonesia. Urang-aring mampu beradaptasi dengan lingkungan yang berubah ubah, bahkan dapat tumbuh di daerah yang gersang. Tetapi urang-aring sering dianggap tumbuhan pengganggu atau gulma bagi beberapa jenis tanaman.

3. Banyak Manfaat
Walaupun urang-aring termasuk tumbuhan liar dan sering ditemukan sebagai gulma, tetapi disamping itu urang-aring memiliki banyak manfaat. Terutama untuk merawat rambut. Daun urang-aring dapat menghasilkan minyak berwarna kehitaman, minyak ini dapat digunakan untuk menghitamkan rambut, selain itu daunnya bisa digunakan untuk menyuburkan rambut juga memiliki khasiat sebagai tumbuhan obat.

Sumber: Majalah Bobo
Gambar: Google

Comments