Seramnya Anggrek Hantu


1. Termasuk benalu
Anggrek hantu ini termasuk tanaman benalu, dengan hidup menumpang pada pohon lain. Tanaman ini bermula dari benih yang berasal dari buah anggrek hantu yang telah matang. Benih itu terbang terbawa angin. Jika menemukan habitat yang cocok, kemungkinan benihnya akan berkecambah, ketika bibit muda berkecambah, akan tumbuh 1-2 akar. Di batang pohon, benihnya akan berkembang menjadi tanaman dewasa. Anehnya, tanaman ini memiliki beberapa helai daun kecil hanya pada awal pertumbuhan.


Daun itu mengandung klorofil yang mengubah cahaya matahari menjadi makanan. Makanan itu digunakan untuk membantu tanaman muda tumbuh. Setelah tanaman tumbuh besar, daun akan rontok dan tidak tumbuh lagi, hanya tersisa akar. Akar itu menancap tersamar di batang pohon. Setelah tanaman cukup besar, akan tumbuh bunga dari akar itu. Bunga itu seolah-olah muncul sendiri dari sesuatu yang tidak ada, kemunculannya yang tiba-tiba ini seperti kemunculan hantu. Itu sebabnya anggrek ini disebut anggrek hantu.


2. Bentuknya Unik
Anggrek ini bentuknya unik, seperti memiliki kepala, lidah, mata, tanduk, tangan dan  kaki. Tangkainya memiliki panjan sekitar 10-15 cm, bunga yang berwarna putih itu tampak seperti hantu yang melayang, itulah alasan kedua, mengapa anggrek ini disebut anggrek hantu.Anggrek hantu tumbuh di hutan-hutan wilayah Florida, Kuba, Haiti, dan sekitarnya.
Sumber: Majalah Bobo
Gambar: google

Comments