Kekuatan Semut Banteng





1. Berasal dari Australia


   Semut banteng memiliki banyak nama sebutan. Ada yang menyebutnya Bulldog ant, Bull Ant, atau Jumper Ant. Disebut semut banteng karena semut ini memiliki kekuatan yang luar biasa. Habitat asli semut banteng ini ada di dalam hutan Australia. Di sana, terdapat sekitar 90 jenis semut banteng. Semut bantengtermasuk ke dalam ordo Hymnoptera dan berasal dari famili Formicidae.

2. Hidup Dalam Koloni
Semut ini  memiliki badan yang besar, serta memiliki gigi yang panjang dan tajam. Memiliki antena di atas kepalanya yang berfungsi sebagai alat pendeteksi. Tubuhnya ditumbuhi bulu-bulu. Semut ini juga terkenal senang bekerja sama. Mereka hidup secara berkoloni. Semut banteng betina mencari makan sendiri. Bagi semut banteng Australia sore hari merupakan waktu yang tepat untuk mencari makan dan pulang pada malam harinya. Menurut penelitian dari Vision Centre (VC) di Australia dan The Australia National University diungkapkan bahwa 10% semut ini membutuhkan waktu yang lebih lama saat pulang ke sarangnya saat menjelang malam, dibandingkan saat pergi mencari makan.

3. Buas dan Beracun
        Ukuran semut banteng ini memang kecil, tetapi rahangnya sangat kuat. Ia dapat mencengkram kuat mangsanya dengan rahang yang panjang. Di dalam rahang semut banteng terdapat gigi-gigi yang tajam. Ukuran tubuhnya 8 mm sampai 40 mm. Tetapi sengatannya mengandung racun yang dapat menyerang serangga lain yang berukuran lebih besar dari tubuhnya.

Sumber: Majalah Bobo
Gambar: Google


Comments