Jamur Mentega Kuning, yang unik


Jamur kuning yang cantik ini memiliki keunikan.

1. Mentega nenek sihir
Ada yang menyebut jamur ini jamur mentega nenek sihir. Menurut dongeng, nenek sihir tinggal di dalam hutan. Jamur ini terlihat seperti mentega yang menempel di batang pohon di dalam hutan. Itulah sebabnya ada yang menyebutnya jamur mentega nenek sihir. Warnanya yang kuning, membuat jamur ini mudah terlihat diantara batang pohon.
2. tumbuh di musim hujan
Jamur mentega ini memiliki nama latin Tremella mesenterica sp. Jamur ini tumbuh subur di musim hujan. Biasanya tumbuh di sela-sela kulit batang pohon yang baru jatuh, juga di pohon-pohon yang sudah mati. Setelah hujan mengering, jamur ini akan menjadi keras dan keriput. Namun, Jamur ini akan kembali kenyal dan lembut ketika terkena air hujan lagi. Jamu merntega ini bisa tumbuh dengan tinggi 5 cm dan lebar 7,5 cm. Jamur ini bisa di temukan di daerah Asia, Afrika, Australia, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Jamur ini juga sering disebut jamur oak kuning atau jamur jelly emas.

3. Dapat di makan
Jamur mentega ini bisa dimakan. Jangan berharap rasanya enak, karena jamur ini rasanya hambar, tetapi tidak beracun. Di Tiongkok, jamur ini sering di jadikan sup dan dicampur dengan sayuran lain.
Sumber: Majalah Bobo
Gambar: google

Comments